Peristiwa Penting Kerajaan Demak

Peristiwa Penting Kerajaan Demak

Dalam sejarah terdapat peristiwa penting kerajaan Demak yang patut untuk diketahui oleh masyarakat saat ini. Berbagai peristiwa bersejarah dan penuh perjuangan mengiringi para pemimpin dan pengikut yang turut menyebarkan agama islam. Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa penting dari kerajaan Demak yang dikutip dari cosmogirl.co.id.

Peristiwa Penting Kerajaan Demak yang Patut Diketahui

1. Perluasan Dakwah

Peristiwa penting pertama yaitu ketika memberikan dakwah kepada masyarakat yang dulunya mayoritas menganut agama Hindu. Perluasan agama islam yang dilakukan oleh Raden Patah berjalan dengan aman ketika ia berusaha untuk menjadikan kerajaan Majapahit islam.

Rade Patah berhasil menaklukkan raja Giri Wardana yang sebelumnya telah berhasil merebut kekuasaan kerajaan Majapahit. Dengan runtuhnya raja Giri, Raden Patah kemudian mendirikan kerajaan Demak serta menyebarkan agama islam bersama dengan wali songo. Berbagai usaha dilakukan sang raja dan wali songo untuk mengembangkan islam hingga tersebar luas sampai saat ini.

Baca juga: Kehidupan Sosial Budaya Kerajaan Demak

2. Perlawanan Terhadap Portugis

Tak kalah penting dengan sebelumnya, pada tahun 1521 Raden Patah bersama putranya Adipati Yunus melakukan penyerangan terhadap Portugis. Meskipun tak berhasil merebut kembali Malaka, setelah Raden Patah wafat, sang putra kembali menyerang Portugis untuk kedua kalinya dan kembali berakhir gagal.

Tak menyerah, Adipati Yunus yang mempunyai julukan Pangeran Sebrang Lor kembali meluncurkan aksinya untuk merebut kembali Malaka. Namun ketika armadanya sampai di dekat kekuasaan Portugis, Adipati Yunus justru mendapatkan hujan meriam.

3. Penaklukan Berbagai Wilayah Jawa

Penaklukan wilayah yang dilakukan Trenggana merupakan peristiwa penting kerajaan Demak yang sudah tidak asing lagi. Setelah berhasil menduduki tahta raja akibat Adipati Yunus wafat, Trenggana berhasil membuat kerajaan Demak berada di puncak keemasannya.

Trenggana berhasil menaklukkan wilayah Pasundan dan beberapa wilayah bekas kekuasaan Majapahit di Jawa Timur yang moyaritas beragama Hindu. Dengan kekuasaan yang semakin meluas tersebut, Trenggana juga mampu mencegah Portugis yang akan menjajah Demak dan beberapa wilayah kekuasaannya. 

Baca juga: Ilmu Ekonomi Menurut David Ricardo

4. Kemunduran Kerajaan Demak Menjadi Kerajaan Pajang

Keserakahan yang dimiliki raja terakhir Arya Penangsang membuat kerajaan Demak berada diposisi yang membahayakan. Ia menyuruh pengikutnya untuk membunuh penguasa Jepara, Pangeran Hadiri. Namun perintah tersebut justru membawa mala petaka baginya.

Adipati Jaka Tingkir Hadiwijaya dan Adipati lain yang tak terima, melakukan pemberontakan dan membunuh Arya Penangsang. Setelah berhasil dibunuh kekuasaan kerajaan Demak berakhir dan Adipati Jaka Tingkir Hadiwijaya memindahkannya ke Pajang untuk mendirikan kerajaan baru yakni kerajaan Pajang.

Beberapa peristiwa penting kerajaan Demak tak hanya tentang pencapaian dan keberhasilan saja. Keserakahan yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Demak merupakan peristiwa paling bersejarah yang dimiliki kerajaan Islam di pulau Jawa ini. Meski terbilang cukup singkat, namun pengaruhnya dalam penyebaran agama Islam sangat besar.

Tinggalkan komentar