Cara Memerah Susu Kambing yang Baik dan Benar

Cara Memerah Susu Kambing yang Baik dan Benar

Memerah susu kambing ternyata tidak bisa sembarangan, butuh teknik yang tepat agar susu yang dihasilkan juga maksimal dan yang paling penting adalah tidak melukai kambing yang diperah tersebut. Cara memeraha susu kambing dengan benar ini sering kali ditanyakan oleh peternak pemula atau oleh anda yang hendak memulai usaha bisnis susu kambing.

Cara memerah susu kambing bisa dibilang tidak sulit, ketika anda tahu caranya. Dan untuk itu anda harus mengetahui cara kerja dari ambing, yaitu organ tubuh dari kambing yang mempunyai bentuk menyerupai kantong tempat dimana susu kambing berada.


Baca Juga: Cara Memilih Indukan Kambing Terbaik

Ketika anda hendak memerah susu kambing, dan anda hanya memeagang kemudian meremas dotnya dengan jari, maka anda tidak akan bisa mengeluarkan susu kambing tersebut. Justru susu kambing akan kembali naik ke dalam ambing dan tidak mau keluar. Maka untuk mengeluarkan susu kambing dengan maksimal, gunakanlah ujung ibu jari dan telunjuk untuk mencubit dot ambing tersebut, kemuidan rapatkan jari-jari anda dan tekan ke bawah dengan cara yang lembut.

Cara Memerah Susu Kambing yang Baik dan Benar

Beberapa tahap yang bisa anda lakukan ketika hendak memerah susu kambing dapat anda lakukan dengan cara berikut:

Lakukan pemerahan pada hari ke 4-7 pasca melahirkan, karena sebelum waktu itu air susu masih sangat banyk mengandung kolostrum yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan cempe.
Tempatkan kambing yang hendak anda perah di tempat yang tidak terlalu luas agar tidak banyak bergerak, atau anda bisa mengikatnya agar kambing lebih mudah diperah. Sebelum anda mulai memerah, bersihkan terlebih dahulu dot ambingnya dengan air hangat.

Perahan pertama arahkan dulu ke dinding wadah dan amati, lalu anda bisa membuangnya karena pada perahan awal ini biasanya mengandung banyak bakteri. Gunakan wadah yang terbuat dari kaca atau stainless dan jangan gunakan wadah dari plastik.

Gunakan teknik memerah dengan cara yang sudah dijelaskan seperti di atas dan ulangi hingga anda mendapatkan jumlah susu yang anda butuhkan. Ketika pasokan susu dari dot mulai melambat, maka anda bisa menggunakan tangan anda untuk mengerak-gerakkan ambing untuk merangsang pengeluaran susu kambingnya.

Setelah selesai memerah susu kambing, anda bisa mengembalikan kambing tersebut untuk bersama dengan anak-anaknya.

Referensi: Labs Jawarakonten

Incoming search terms:
cara memerah susu kambing - cara memeras susu kambing - cara perah susu kambing - memerah susu kambing - cara memerah kambing - teknik memerah susu kambing - cara pemerahan susu kambing - penyebab air susu kambing tidak keluar - bagaimana cara agai susu kambing banyak - tips memeras susu kambing - pemerahan susu kambing - penyebab susu kambing tidak keluar - meras