Cara & Tips Perawatan Merpati Kolongan Agar Juara Lomba

perawatan merpati kolong
perawatan merpati kolong

Hobi burung merupakan hobi yang tidak pernah sepi peminat sejak dahulu. Salah satu cabang dari hobi burung yaitu merpati kolongan. Perlombaan merpati kolongan memiliki aturan yang cukup sederhana. Burung merpati dilepaskan dari jarak tertentu, kemudian dibiarkan terbang menuju target. Yang paling cepat sampai adalah pemenangnya.

Pemenang perlombaan ini biasanya telah menjalani latihan sejak lama. Selain jenis merpati, perawatan merpati kolongan juga harus diperhatikan supaya tetap prima dan staminanya terjaga.

Apa itu Merpati Kolong?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, merpati kolongan adalah lomba burung merpati yang mana merpati akan dilepaskan dari jarak jauh (yang jatan) dan ia akan berlari menuju target (tempat betina). Dan sama seperti balapan lainnya, merpati yang sampai lebih dulu adalah pemenangnya.

Betina digunakan untuk memancing si jantan agar terbang lebih cepat. Biasanya, jarak antara target dengan lokasi pelepasan merpati jantan adalah 2 km hingga lebih dari 5 km. Jarak ini ditentukan berdasarkan kesepakatan dan juga kelas perlombaan. Semakin jauh jarak target, dibutuhkan stamina burung merpati yang semakin baik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Merpati Pos

Oleh sebab itulah, Anda harus memahami bagaimana cara yang benar dalam merawat merpati agar menang lomba.

Cara Perawatan Harian Merpati Kolongan

merpati kolong
Merpati Kolong

Tips dan cara perawatan merpati kolongan yang pertama adalah perawatan harian. Berikut ini cara selengkapnya:

1. Perhatikan Jenis Merpati

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengenali jenis merpati yang Anda pelihara. Pastikan merpati tersebut adalah jenis merpati lomba. Sebab ada perbedaan antara merpati lomba dan merpati biasa. Merpati biasa tidak akan mampu untuk lomba meski sudah dilatih.

2. Beri Pakan yang Tepat

Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam memelihara binatang, termasuk burung merpati ini. Pakan yang tepat untuk diberikan kepada merpati lomba antara lain kacang hijau, jagung, dan beras merah. Anda bisa memberikan pakan ini bergantian setiap hari.

Selain pakan, burung juga butuh minum. Sediakan air minum, lebih baik air mineral untuk diminum merpati. Penting juga untuk mencampurkan neo antiseptik pada minuman tersebut. Tujuannya adalah untuk mencegah kutu yang rawan hidup di bulu merpati.

3. Pemberian Vaksin

Tidak hanya manusia yang butuh vaksin. Merpati kolongan pun membutuhkannya. Gunanya yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit tertentu.

4. Menjemur Merpati Setiap Hari

Dalam memelihara burung, aktivitas menjemur adalah satu hal yang sangat penting. Burung merpati harus dijemur supaya bulu-bulunya tidak lembap, tidak mudah sakit, dan memperkuat tulangnya. Jemur setiap pagi, namun hindari panas yang terlalu terik agar burung tidak cepat mati.

5. Latihan

Latihan juga menjadi hal yang sangat penting. Dengan latihan, burung merpati akan terbiasa terbang jarak jauh dan kecepatan yang tinggi. Biasakan untuk melatih burung ini sejak masih kecil. Sabar dan tekun dalam melatih menjadi satu kunci kesuksesan membentuk merpati kolongan juara.

6. Uji Coba

Proses uji coba merupakan kelanjutan dari latihan. Jika Anda tidak memiliki burung merpati lain untuk uji coba, ikutilah event seperti latihan bersama. Di sana Anda dapat menguji skill burung merpati Anda.

Perawatan Merpati Kolongan Sebelum Lomba

Sebelum lomba dimulai, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda lakukan. Beberapa hal di bawah ini dapat memperbesar peluang merpati kolongan memenangkan pertandingan.

1. Adaptasi dengan Arena Lomba

Pertama, ajaklah burung merpati Anda ke lokasi lomba untuk mengenalkannya dengan suasana di sana. Ketika hari perlombaan tiba, datanglah lebih awal agar merpati bisa beradaptasi dengan lebih baik.

2. Menjaga Stamina Burung

Sebelum perlombaan sebaiknya Anda tidak melakukan latihan yang terlalu keras untuk burung merpati. Lebih baik biarkan saja burung beristirahat. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menjaga stamina burung saat pertandingan.

3. Berikan pakan secukupnya

Jangan memberikan pakan yang berlebihan pada merpati kolongan sebelum lomba. Jika Anda memberikan pakan terlalu banyak, tubuhnya akan berat dan terbangnya tidak maksimal.

4. Berikan Vitamin

Memberikan vitamin juga bisa menjadi asupan gizi tambahan kepada burung merpati sebelum lomba. Pemberian vitamin bisa dilakukan sehari sebelum lomba atau beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. Pastikan burung merpati dalam kondisi prima dan sehat agar performanya maksimal saat pertandingan berlangsung.

Baca Juga: Jenis Burung Merpati Hias untuk Lomba

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan merpati kolongan secara harian maupun menjelang lomba. Merawat merpati hingga menang lomba memang membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan.  Jangan mudah menyerah dan putus asa.