14 Jenis Merpati Pos yang Banyak Dipelihara


Burung merpati alias burung dara adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara dan dikembangbiakkan untuk dijadikan hewan peliharaan. Selain karena perawatannya tak sulit, burung merpati ini punya banyak jenis. Merpati pos adalah salah satu jenis yang paling banyak menjadi favorit bagi peternak hewan unggas ini.

Bahkan setiap tahun, peminat merpati pos semakin banyak. Terlihat dari semakin banyaknya digelar perlombaan untuk merpati pos dan juga peternak-peternak burung ini.

Merpati pos ini dinamai demikian karena kemampuannya yang bisa mengantarkan pesannya layaknya tukang pos. Ia mampu mengenali rumahnya dengan sangat baik, bahkan bisa pulang kembali sekalipun dilepaskan dari jarak yang cukup jauh.

Kemampuan hebatnya ini konon sudah dikenal sejak1250 M oleh Dinasti Mamluk di Mesir. Wah, ternyata udah sangat lama ya burung merpati satu ini dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Jenis-jenis Merpati Pos di Indonesia dan Dunia

Meski merpati pos adalah salah satu varian dari burung merpati. Ternyata merpati pos ini sama seperti burung merpati hias, ia pun juga memiliki jenis-jenis lain di bawahnya. Tercatat setidaknya ada 14 jenis merpati pos yang bisa kita temukan di seluruh dunia. Mau tahu apa saja jenisnya?

1. Merpati Exhibition Homer

1. Merpati Exhibition Homer
Merpati Exhibition Homer

Merpati pos ini berasal dari Inggris. Memiliki ciri khas yang unik yaitu pial hidungnya memanjang hingga mendekati ujung paruh bagian depan. Meski memiliki kemampuan mengantarkan pesan, Exhibition Homer sekarang lebih banyak dikembangbiakkan sebagai kategori merpati kontes atau hias.

Di inggris sana, burung yang satu ini sudah mulai menjadi hewan peliharaan dan dikembang biakan sejak tahun 1900 an. Burung dara yang masuk dalam varietas UTILITY ini sangat disukai karena memiliki postur tubuh yang sangat ideal yakni kaki yang kuat, badan tegap, dan ukurannya pun cukup besar. Apalagi kemampuannya yang sangat cerdas, tentu saja Exhibition Homer sangat di idolakan oleh para pecinta burung dara.

2. Saddle Racing Homer Pigeon

Saddle Racing Homer Pigeon
Saddle Racing Homer Pigeon

Lain Exhibition Homer, lain pula Saddle Homer Pigeon. Disebut dengan Saddle alias pelana, karena sayapnya berbentuk seperti pelana. Warna sayap burung ini berbeda dengan warna utamanya. Meski masih termasuk merpati pos, namun dibandingkan jenis Racing Pigeon, kemampuannya dalam menjelajah satu tempat ke tempat lain dan kecerdasannya masih kalah jauh. Burung merpati ini berasal dari Amerika.

3. Hungarian Giant Homer Pigeon

Hungarian Giant Homer Pigeon
Hungarian Giant Homer Pigeon

Dari namanya kita pasti sudah bisa menebak dari mana asal burung ini. Ya, betul sekali! Hungaria. Yang membedakan Hungarian Giant Homer Pigeon dengan merpati-merpati pos lainnya yaitu burung ini memiliki ciri khas bulu yang lebat di bagian kaki. Sekarang banyak diternakkan sebagai merpati hias.

4. Merpati Scandaron

Merpati Scandaron
Merpati Scandaron

Merpati scandaron sudah dikembangbiakkan sejak ratusan tahun lalu dengan cara breeding. Kemampuan jelajah dari merpati pos jenis ini cukup bagus sehingga sering juga digunakan untuk lomba balap merpati.

Burung ini berasal dari kawasan timur, banyak orang yang menyebut Merpati scandaron berasal dari persia, namun mulai dibudidayakan dan di kembang biakan di jerman. Hal yang paling unik dari merapti satu ini adalah bentuk tubuhnya yang unik sehingga disukai banyak orang.

5. American Giant Homer

American Giant Homer
American Giant Homer

Merpati pos ini sepertinya masih bersaudara dengan Saddle Homer Pigeon, karena mereka sama-sama berasal dari Amerika. Namun saat ini American Giant Homer lebih banyak digunakan sebagai merpati hias.

Berbeda dari scandaron yang tinggi dan panjang, burung yang satu ini sebenarnya juga memiliki postur yang besar, tinggi, namun agak pendek, cenderung bulat. Bentuk tubuhnya yang lucu inilah yang membuat Saddle Homer Pigeon menarik untuk dipelihara sebagai hiasan.

6. Merpati Beauty Homer de Liege

Beauty Homer de Liege
Beauty Homer de Liege

Merpati yang berasal dari Belgian ini tidak terlalu populer di Indonesia. Meski termasuk dalam jenis Merpati pos, namun ia lebih terkenal sebagai jenis merpati yang bisa dikonsumsi. Sama seperti calderon, burung merpati ini juga dikembang biakan dengan cara breending, bahkan sudah sejak lama, yakni sekitar seratus tahun yang lalau.

7. Dutch Beauty Homer Pigeon

Dutch Beauty Homer Pigeon
Dutch Beauty Homer Pigeon

Ini termasuk salah satu jenis merpati pos yang sudah digunakan sebagai pembawa pesan sejak perang dunia kedua. Berasal dari negara Belanda. Saat ini tentu saja lebih banyak diternakkan sebagai merpati hias/ kontes.

Burung ini sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan merapti lain yang sudah kami sebutkan diatas, ia adalah keturunan dari merpati batu. Hampir sebagian besar merpati jenis ini memiliki warna abu-abu, namun pada bagian mata justru berwarna merah.

8. Merpati Genuine Homer

Merpati Genuine Homer

Merpati pos yang asalnya dari Inggris ini sekarang lebih banyak digunakan untuk kontes merpati hias. Cara pengembangannya menggunakan sistem breeding.

9. American Show Racer Pigeon

American Show Racer Pigeon
American Show Racer Pigeon

Merpati pos ini adalah salah satu jenis unggul. Merupakan persilangan dari merpati domestik asal Amerika dengan Racing Pigeon alias merpati pos yang jago menjelajah. Bahkan sejak 1952 klub pecinta American Show Racer Pigeon ini sudah dibuat di Des Moiner, Lowa, Amerika Serikat.

10. Belgian Beauty Homer


Tergambar dari namanya bahwa burung merpati pos ini berasal dari Belgia. Selain jago mengantar pesan, merpati ini juga masuk dalam jenis merpati pedaging.

11. Merpati German Beauty Homer

Merpati German Beauty Homer
Merpati German Beauty Homer

Dari namanya pasti kita sudah menebak kalau burung ini berasal dari Jerman. Dari namanya pula, kita pasti juga sudah bisa menebak bila merpati pos ini sangat cantik hingga seringkali diternakkan sebagai merpati hias yang diikutkan dalam perlombaan.

Merpati dari Jerman ini sudah dikembangkan sejak 100 tahun lalu dengan sistem breeding.

12. Merpati Dragon

12. Merpati Dragon
Merpati Dragon

Merpati ini merupakan nenek moyang dari merpati pos modern jenis racing pigeon. Sudah dikembangkan sejak ratusan tahun lalu dengan sistem breeding.

13. Merpati English Carrier

Merpati English Carrier
Merpati English Carrier

Pasti sudah bisa tertebak dari namanya kalau merpati ini berasal dari Inggris ya? Memiliki tubuh yang ramping dna panjang. Selain itu lehernya juga panjang, serta memiliki pial hidung yang besar.  

14. Racing Pigeon


Inilah merpati pos yang dikenal oleh banyak orang pada umumnya. Disebut Racing Pigeon karena akhir-akhir ini perkembangannya sangat pesat dan banyak dilombakan dalam kontes merpati balap. Jenis merpati pos modern ini memang memiliki kemampuan jelajah yang luar biasa, daya ingatnya juga sangat tajam dan kuat.

Baca Juga: Klarifikasi adalah

Bahkan di Indonesia pun sudah memiliki organisasi resmi yang bernama POMPSI (Persatuan Olahraga Merpati Pos Indonesia). Setiap tahun POMPSI rutin menggelar dua kali perlombaan besar.
Setelah mengetahui kelebihan dan jenis-jenisnya, apakah kamu tertarik untuk beternak merpati pos? 

Harga jualnya lumayan lo! Anakan merpati pos saja dihargai 1 - 3 juta rupiah. Sedangkan untuk sepasang indukan merpati impor, harganya bisa mencapai 35 juta. Menggiurkan bukan?

Post a Comment

أحدث أقدم