Jenis-jenis Merpati Hias yang Harus Kamu Tau [Lengkap]

Merpati hias

Apa sih yang ada dibenakmu  kalau sudah mendengar kata merpati? Merpati sang pengantar surat atau merpati sang pembalap? Dulu,  burung ini dikenal sebagai hewan  pengantar pesan karena itu ia sering dijuluki merpati pos.

Seiring dengan perkembangan zaman, merpati pos sudah jarang digunakan dan beralih menjadi merpati balap, burung yang dilombakan berdasarkan  kecepatan terbangnya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada pula burung Merpati hias? Burung yang memang hanya untuk dinikmati keindahannya dan dijadikan  sebagai hiasan di rumah. Burung ini memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Tidak heran kalau ia menjadi incaran para pencinta burung di Indonesia.

Merpati cantik ini merupakan hasil perkawinan silang antara dua jenis merpati yang dikembangkan di Amerika dan berbagai negara Eropa. Banyak sekali ragam dari merpati ini mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar dengan keunikannya masing-masing.

12 Jenis Merpati Hias yang Unik dan Memanjakan Mata

Beberapa di antaranya akan dibahas dalam artikel ini, yuk baca terus!

1. Merpati Lahore

Merpati Lahore
Merpati Lahore

Di negara asalnya yakni Pakistan, merpati jenis ini dikenal dengan sebutan “Burung Shiraz” . ciri-cirinya unik! Leher sampai ujung ekor dan tubuh bagian bawah mempunyai warna putih. Sedangkan tubuh bagian atas memiliki warna lain bisa hitam, coklat, atau lainnya.

Perbedaan lainnya ada pada paruh yang berwarna coklat muda dengan mata  coklat tua atau hitam. Merpati jenis ini sudah banyak dimiliki oleh para kolektor burung dan telah dikembangbiakkan menjadi lebih banyak oleh peternak lokal.

2. Merpati Gondok

Merpati Gondok
Merpati Gondok

Merpati jenis ini merupakan satu dari beberapa merpati yang menjadi promadona para pencinta burung hias dan sudah banyak beredar di pasar lokal. Peternak burung mengembangbiakkan merpati ini karena dinilai unik dan disukai oleh banyak orang.

Sesuai namanya, merpati ini memiliki leher yang mengembang seperti gondok. Warnanya juga beragam mulai dari hitam kombinasi putih atau putih dengan kombinasi kuning muda di bagian leher.

Unik dan cantik, merpati hias jenis ini dibandrol dengan harga yang tidak murah yakni berkisar Rp 900.000 sampai Rp. 5.000.000, bergantung pada jenisnya. Cukup mahal ya??

3. Jacobin Pigeon

Jacobin Pigeon
Jacobin Pigeon

Sesuai namanya, burung merpati ini memiliki keunikan pada bulunya. Bulu panjangnya yang mengitari kepala sudah seperti topi yang biasa digunakan oleh para pendeta Jacobin.  Unik bukan? Umumnya jenis ini memiliki warna merah, perak, hitam, putih, biru, dan kuning.

4. Merpati Kipas (Fantail)

Merpati Kipas (Fantail)
Merpati Kipas (Fantail)

Fantail merupakan jenis merpati yang berasal dari Cina dan India. Ciri paling unik dan mencolok dari merpati jenis ini ialah ekor yang menyerupai kipas mekar, karena itu disebut sebagai merpati kipas. Ekor kipasnya yang lebar dan panjang membuat merpati fantai memiiliki kelemahan yakni, ia perlu dipotong bagian ekornya terlebih dahulu untuk bisa melakukan perkawinan.

Keunikan lain yang dimilinya, kalau sudah memiliki anak maka anaknya akan diasuh oleh induk yang lain.

5. Satinette Oriental Frill

Satinette Oriental Frill
Satinette Oriental Frill

Merpati hias yang satu ini berasal dari Turki yang konon merupakan burung kesultanan. Ciri khas yang dimilikinya ialah badan yang berwarna putih dan punya garis warna pada bagian bahu, sayap, sampai ekor dengan warna garis biru, hitam, coklat, dan abu-abu. 

6. Old Dutch Capuchine

Old Dutch Capuchine
Old Dutch Capuchine

Merpati jenis old dutch capuchine merupakan  merpati yang tergolong mewah. Ia dikembangkan melalui perkembangbiakan yang selektif  oleh Henkk Moezelaar. Keunggulan dari merpati ini ialah adanya bulu jambul di kepala dan beberntuk lonjong memenuhi sisi leher. Karena itu, ia disebut merpati yang mewah dan unik.

7. English Trumpeter

English Trumpeter
English Trumpeter

Tiumelaar, adalah sebutan merpati English Trumpeter di Belanda. Bentuknya unik dan agak besar, gemuk, dan umumnya berwana coklat. Saat terbang, burung ini biasanya melakukan atraksi yang menghibur seperti salto di udara atau jungkir balik.

Awalnya English Trumpeter merupakan burung olahraga, tapi karena keunikannya ia digunakan untuk pameran.

8. English Carrier

English Carrier
English Carrier

Merpati jenis ini berasal dari Persia. Mulanya, ia dijadikan sebagai burung pembawa berita tapi karena kalah tenar dengan Racing Horner, kini ia dijadikan sebagai merpati hias. Tingginya bisa mencapai 45-48 cm dengan bera 500 sampai 650 gram, bulunya keras, dan pial paruhnya bisa membesar hingga sebesar biji kemiri.

Warna bulunya juga macam-macam mulai dari kuning, putih, hitam, dan merah. 

9. Modena

Merpati Modena
Merpati Modena

Nama merpati Modena  diambil dari tempat burung tersebut berasal. Ia dikenal sebagai merpati yang baik. Postur tubuhnya kecil dengan panjang tubuh sekitar 25 cm. Meski memiliki tubuh yang kecil, ia punya tubuh yang anggun.

10. Polish Helmet

Merpati Polish Helmet
Merpati Polish Helmet

Merpati jenis polish helmet berasal dari Polandia. Ia sangat anggun dan cocok buat kamu yang suka melihat pemandangan burung cantik di rumah. Tubuhnya berwarna putih sedangkan kepala dan ekornya mempunyao warna yang lain seperti biru tua atau hitam.

11. King Pigeon

King Pigeon
King Pigeon

Dulunya, merpati jenis king pigeon termasuk ke dalam golongan merpati pedaging. Tapi  karena postur tubuhnya yang unik dan gemuk serta bulunya yang indah, burung ini kemudian dijadikan sebagai salah satu burung merpati hias.

Itulah 12 burung merpati hias yang bisa menjadi referensi kalau kamu sedang bingung memilih burung mana yang ingin dijadikan sebagai hiasan. Masih banyak jenis merpati yang ada di dunia, tapi yang sering menjadi incaran para pencinta burung sudah kami sebutkan di artikel ini. Semoga bermanfaat ya!