Cara Memilih Burung Merpati Pos Asli [+Ciri-Ciri]

Burung Merpati Pos Asli

Jika anda adalah orang yang hobi memelihara burung pos dan suka ikut lomba, maka Anda wajib tahu cara memilih merpati pos asli. Bagaimana cara memilih merpati pos asli? Nah, kuncinya Anda harus paham bagaimana ciri-ciri merpati pos asli.

Ciri-ciri Merpati Pos yang Asli

Salah satu tips dan cara memilih merpati pos asli ialah dengan mengenali ciri-ciri merpati pos asli. Ciri-ciri tersebut dapat Anda lihat dari morfologi burung, kemampuan mengenali arah (navigasi), kemampuan terbang, dan beberapa poin lainnya. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri merpati pos asli:

1. Bentuk kepala

Burung merpati pos asli dapat Anda kenali dari bentuk kepala burung. Merpati pos memiliki bentuk kepala seperti bentuk bagian kepala pada pesawat pertemupuran atau dikenal sebagai bentuk aerodinamis. Bentuk kepala demikian dapat membantu merpati pos dalam menjaga keseimbangan saat terbang di udara. Bentuk tersebut sangat berperan dalam menembus angin saat merpati sedang terbang. Dengan demikian burung merpati pos dapat terbang secara mudah dan leluasa di alam bebas.

2. Otot Kuat & Bentuk Dada Bidang

Burung merpati pos asli dapat dikenali dari morfologi dada serta otot merpati. Merpati pos dikenal sebagai burung yang mampu terbang tinggi di alam liar. Burung ini tentu memiliki otot yang cukup kuat. Selain itu, merpati pos juga memiliki bentuk dada yang bidang sehingga membuat burung ini tampak gagah.

3. Kemampuan Daya Ingat

Selain dilihat dari morfologi merpati, salah satu cara memilih merpati pos asli dapat dilihat dari kemampuannya. Burung merpati pos adalah salah satu jenis burung yang cerdas. Merpati pos atau rock dove memiliki kemampuan dalam mengingat jalan pulang. Pastikan merpati pos yang akan Anda miliki memiliki kemampuan mengingat arah yang baik sehingga saat Anda melepasnya, burung tersebut mampu kembali ke titik awal maupun kandang merpati.

4. Kemampuan Terbang

Burung merpati pos dikenal dapat terbang dengan baik. Burung ini mampu terbang tinggi dan mampu menyeimbangkan diri dengan baik. Kemampuan itulah yang menyebabkan burung merpati dimanfaatkan oleh orang dahulu sebagai pengantar pesan.

5. Insting yang Kuat

Selain dikenal memiliki ketajaman dalam mengenali arah, burung merpati pos dikenal memiliki insting yang baik. Merpati pos asli cenderung memiliki insting untuk kembali ke tempat asalnya.

Beberapa poin di atas merupakan ciri-ciri merpati pos yang dapat dijadikan sebagai acuan cara memilih merpati pos asli. Burung merpati memang memiliki banyak jenis. Oleh karena itu, Anda perlu jeli dan teliti saat mengamati ciri-ciri merpati pos.