DOKUMENTASI TESIS

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN ORANG LANJUT USIA (Studi Kasus di Kelurahan Jambangan)

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari apakah faktor kesehatan, ekonomi dan kondisi sosial berpengaruh terhadap kemandirian orang lanjut usia? Dan Faktor yang manakah yang berpengaruh secara dominan terhadap kemandirian orang lanjut usia ?. Penelitian dilakukan di kelurahan Jambangan kecamatan Jambangan. Sampel dalam penelitian ini orang lanjut usia berumur 56 tahun sebanyak 104 orang. Variabel penelitian meliputi kemandirian sebagai variabel terikat, kondisi kesehatan, kondisi sosial sebagai variabel bebas. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara langsung pada masing-masing responden dengan menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian kemudian ditampilkan dalam bentuk tabulasi silang untuk mengetahui distribusi frekwensi dan proporsi. Untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat diuji dengan menggunakan uji regresi logistik, dengan tingkat kebermaknaan p # 0,05

RATNA SUHARTINI
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004


PENDEKATAN AKUSTIK DALAM STUDI TINGKAH LAKU IKAN PADA PROSES PENANGKAPAN DENGAN ALAT BANTU CAHAYA (THE ACOUSTIC APPROACH TO FISH BEHAVIOUR STUDY IN CAPTURE PROCESS WITH LIGHT ATTRACTION)

Dewasa ini penerapan metode akustik melalui peralatan sonar atau echo-sounder yang dapat digunakan untuk studi tingkah laku ikan (migrasi vertikal dan horizontal), kecepatan renang, respon ikan terhadap stimuli dan Iain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola tingkah laku ikan hubungannya dengan pengoperasian alat tangkap yang menggunakan cahaya lampu. Secara khusus penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis pola distribusi ikan di sekitar pencahayaan sebelum dan setelah proses penangkapan, (2) Menganalisis pola kedatangan ikan di sekitar pencahayaan, (3) Menganalisis tingkah laku pergerakan ikan di sekitar sumber cahaya.
Penelitian dilakukan di perairan Kabupaten Barru - Selat Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi pengamatan terletak pada posisi 4 1919,9 LS-119 16 201 BT, dan bagan rambo dioperasikan pada kedalaman 70 m dengan jarak dari pantai Barru 20 mil laut. Pengamatan lapang dilakukan selama 12 trip mulai dari bulan April sampai Mei 2005. Pendekatan akustik untuk mengamati tingkah laku ikan dilakukan dengan menggunakan side scan sonar colour.

MUHAMMAD SULAIMAN
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2006

ANALISIS DIMENSI PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN BANK SYARIAH MANDIRI DI WILAYAH JAWA TIMUR

Penelitian ini bertujuan untuk mencari beberapa faktor penilaian yang dianggap relevan dan representatif sesuai dengan dimensi perilaku karyawan dan tugas kerja di perusahaan. Ada sepuluh variabel atau faktor penilaian yang selama ini telah diberlakukan, yaitu (1) transaksi harian, (2) pelayanan nasabah, (3) budaya sifat, (4) kualitas kerja, (5) keandalan, (6) pemecahan masalah, (7) inisiatif, (8) kerja sama, (9) komunikasi, dan (10) kedisiplinan. Dari masing-masing variabel memiliki sejumlah antara 2 hingga 4 indikator untuk menguji tingkat validitasnya.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan perusahaan Bank Syariah Mandiri mulai dari jabatan manajer ke bawah yang terbagi pada sejumlah lokasi, yaitu Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya, Malang, Pamekasan, dan tiga cabang pembantu di Surabaya, yaitu di Sidoarjo, Gresik, dan kawasan Ampel Surabaya. Jumlah total populasi yang digunakan dan sesuai dengan persyaratan dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Instrumen yang digunakan merupakan konstruksi dari peneliti dengan bentuk skoring antara angka 0 hingga 10, semakin sering melakukan maka prestasi kerjanya akan mendekati angka tertinggi dan semakin jarang melakukan akan mendekati angka terendah.

Oleh:

AHMAD RAJAUL MASRUR A.I.D
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA
2003

 

PEMBERDAYAAN SEKTOR INFORMAL : STUDI TENTANG PENGELOLAAN PEDAGANG KAKI LIMA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENERIMAAN PAD DI KOTA MANADO

Penelitian ini bertolak dari hasil pengamatan yang mengindikasikan bahwa realisasi penerimaan PAD Kota Manado dari sisi retribusi yang dibayarkan oleh pedagang kaki lima belum mencapai target yang ditetapkan. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya implementasi pemberdayaan sektor informl, khususnya PKL yang belum merata, sehingga pengelolaan sektor informal belum dilakukan secara efektif yang berdampak pada masih relatif rendahnya tingkat pendapatan/profit usaha PKL itu sendiri. Dengan demikian, penelitian ini ingin menjawab beberapa permasalahan sekaligus bertujuan untuk (1). Menganalisis pengaruh pengelolaan pedagang kaki lima, seperti pemberian pendidikan dan latihan (pelatihan), bantuan modal dan cara-cara mengolah usaha terhadap tingkat pendapatan atau profit usaha mereka; (2). Untuk menganalisis kontribusi pendapatan atau penghasilan (profit usaha) pedagang kaki lima terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Kota Manado; (3). Untuk menganalisis pula perbedaan tingkat pendapatan (profit usaha) antara kelompok pedagang kaki lima yang memperoleh bantuan modal dengan kelompok pedagang kaki lima yang menggunakan modal sendiri.

Oleh:
FRANSISKA. R. KOROMPIS
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS SAM RATULANGI
M A N A D O
2 0 0 5

ANALISIS SIKAP IKLIM ORGANISASI, ETOS KERJA DAN DISIPLIN KERJA DALAM MENENTUKAN EFEKTIVITAS KINERJA ORGANISASI DI GARNISUN TETAP III SURABAYA

Organisasi yang ideal adalah organisasi yang mampu mencapai tujuan secara optimal. Sebagaimana tujuan yang ingin dicapai oleh Garnisun Tetap III Surabaya. Garnisun Tetap III Surabaya adalah salah satu organisasi pemerintah yang bertujuan untuk penegakkan kedisiplinan setiap prajurit (faktor intern), pertahanan dan keamanan rakyat Indonesia serta pengoperasian pemakaman militer (faktor ekstern). Adapun pencapaian tujuan Garnisun Tetap III Surabaya ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk iklim organisasi, etos kerja dan disiplin kerja setiap prajurit dan pegawai sipilnya.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang menganalisis iklim organisasi, etos kerja dan disiplin kerja dalam menentukan efektivitas kinerja organisasi. Hal ini dapat dideskripsikan secara mendetail untuk meliputi apa yang sudah dijalankan dan apa yang belum atau perlu dijalankan di Garnisun Tetap III Surabaya.

Oleh :

AKHMAD KUSNAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 
 

PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSI DAN SIKAP PADA BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CIIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III


Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi individu yang mendalam melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas. OCB ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedur-prosedur di tempat kerja. Perilaku-perilaku ini menggambarkan "nilai tambah karyawan" dan merupakan salah satu bentuk perilaku prososial, yaitu perilaku sosial yang positif, konstruktif dan bermakna membantu. Tugas-tugas pimpinan akan menjadi lebih ringan jika terdapat karyawan-karyawan dengan OCB tinggi, sehingga konsekuensinya akan meningkatkan produktivitas dan kesuksesan dirinya.
Penelitian ini menganalisis pengaruh tingkat kecerdasan emosi dan sikap pada budaya organisasi terhadap OCB. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini disusun oleh peneliti berdasarkan kajian teoritis sebelumnya. Kuisioner ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Oleh:
DWI HARDANINGTYAS
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 

PENGEMBANGAN MODEL PELAYANAN HAJI DEPARTEMEN AGAMA BERDASARKAN PRINSIP REINVENTING GOVERNMENT YANG BERORIENTASI PADA PELANGGAN DI KABUPATEN GRESIK

Tuntutan masyarakat terhadap transparansi pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah akhir-khir ini semakin marak dengan dukungan media yang begitu besar. Pelayanan haji yang dilakukan oleh pemerintah tidaklah luput dari tuntutan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan. Dibatalkannya calon jamaah haji Indonesia 29.974 orang untuk melaksanakan haji menjadi titik kulminasi tuntutan masyarakat dalam memberikan pola layanan yang disesuaikan dengan kehendak pelanggan (Kompas, 27-12-2003), di mana sebelumnya tidak pernah tersentuh untuk membuka maupun protes jamaah terhadap kekurangan maupun problem yang dihadapi oleh jamaah haji itu sendiri. Hal ini disebabkan persepsi jamaah haji tentang apa yang diterima layanan sering disandarkan pada takdir yang harus diterima dan merupakan peringatan bagi jamaah walaupun sebenarnya adalah masalah manajemen pengelolaan pelayanan publik.

Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pelayan jamaah haji yang sesuai dengan prinsip Reinventing government yang berorientasi pada pelanggan.

Oleh :
NUR HASYIM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 

PENGARUH KEJELASAN PERAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TUGAS JABATAN KEPALA SUB BAGIAN DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH PROPINSI JAWA TIMUR
Perubahan paling signifikan yang terjadi pada tubuh pemerintah daerah di seluruh Indonesia setelah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat Daerah beserta peraturan-peraturan pendukungnya yaitu terjadinya penataan kembali terhadap Organisasi Perangkat Daerah (ORKATDA). Terjadinya perubahan dalam suatu unit organisasi pasti akan menimbulkan perubahan-perubahan yang mendasar dan menyeluruh dalam organisasi tersebut, baik terhadap personil, pembiayaan, maupun dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.
Akibat pertama yaitu sering terjadinya tumpang-tindih (overlapping) atau yang lajim disebut dengan terjadinya ketidakjelasan peran dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan sesuai dengan wewenang dan haknya. Sedangkan akibat yang kedua yaitu bahwa untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif diperlukan pemaduan antara kebutuhan organisasi dengan kebutuhan personil, sehingga tidak akan menimbulkan ketegangan (konflik). Pemaduan kebutuhan inilah yang lajim disebut dengan motivasi. Dari diindikasi dua akibat tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa ketidakefektifan pelaksanaan tugas lebih banyak disebabkan oleh ketidakjelasan peran dan motivasi kerja.

Oleh:
S U W A N D I
PROGRAM STUDI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA 2004

KEPEMIMPINAN DAN LAPISAN TENGGER DI DAERAH BROMO (STUDI TENTANG KOMPETENSI KEPEMIMPINAN TRADISIONAL DAN PEMERINTAHAN DESA NGADISARI KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO)
Penelitian tesis ini berfokus pada pemasalahan mengenai peranan kepemimpinan tradisional pada masyarakat Tengger yang sebelum diterapkannya UU No. 5 tahun 1979 tentang pemerintahan Desa, maka segala urusan masyarakat Desa dipimpin oleh Dukun atau Ketua Adat, namun seiring berjalannya waktu, maka sesuai UU No. 22 tahun 1999 pimpinan tertinggi di Desa adalah kepala desa/ petinggi, sehingga peranan dukun sekarang bergeser pada urusan keagamaan dan adat-istiadat masyarakat saja, namun demikian antara dukun dan kepala desa adalah mitra. Orang kepercayaan dukun yang disebut wong sepuh dan legen berada dalam stniktur sistem pemerintahan desa di Desa Ngadisari Kecamatan sukapura Kabupaten Probolinggo

Oleh:
MOKHAMAD HARIYADI EKO ROMADON
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN JOB INSECURITY KARYAWAN TERHADAP INTENSI TURNOVER
Salah satu aspek yang penting dalam organisasi adalah mempertahankan keberadaan karyawan dan menekan turnover. Pada kenyataannya, seringkali manager sumber daya manusia kurang memahami aspek-aspek yang mendasari keputusan seseorang untuk turnover. Akibat dari ketidaktahuan ini maka timbul kesenjangan antara pihak karyawan dengan pihak managemen. Efek negatif dari adanya turnover adalah meningkatnya biaya perekrutan, memperkerjakan tenaga baru, asimilasi, pelatihan dan biaya administratif lainnya. Sementara efek lainnya adalah komunikasi yang makin buruk, dan gangguan dalam produktivitas.
Salah satu cara untuk mengetahui penyebab turnover adalah menilai sejauh mana tingkat komitmen organisasi dari karyawan. Cara yang dapat ditempuh untuk mengetahu hal tersebut adalah dengan menentukan definisi yang jelas mengenai komitmen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Oleh:
Luvy Kurniasari SPsi
PROGRAM PASCASARJANA
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

PENGARUH RESISTENSI PERUBAHAN DAN KECERDASAN EMOSI DOSEN TERHADAP SIKAP DOSEN MENGENAI PERUBAHAN ITS DARI PTN MENUJU PT BHMN
Melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN), Pemerintah membuka kemungkinan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk menyampaikan usulan perubahan status menjadi BHMN. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai salah satu perguruan tinggi mempersiapkan diri untuk hal tersebut. Perubahan status ini menimbulkan berbagai macam reaksi atau sikap dosen baik yang mendukung atau tidak mendukung dalam menghadapi perubahan ITS tersebut. Ada empat jenis sikap dosen yang diklasifikasikan sebagai berikut : Sikap mendukung yaitu Positif Kreatif (PK) dan Logika Rasional (LR) serta Sikap tidak mendukung yaitu Fokus pada Manusia (FM) dan Kontrol Negatif (KN).
Sikap dosen terhadap perubahan ITS tersebut antara lain dikarenakan tingkat resistensi perubahan dan tingkat kecerdasan emosi yang dimiliki oleh dosen. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh resistensi perubahan dan kecerdasan emosi terhadap sikap dosen mengenai perubahan ITS dari PTN menuju PTBHMN.

Oleh:
RINI NURAHAJU, S.Psi
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PERUSAHAAN BAGI KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DI PT TELKOM TBK KANTOR DIVRE V (BIDANG PERFORMANSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA) SURABAYA
Karyawan dan perusahaan merupakan dua pihak yang saling membutuhkan dan masing-masing mempunyai tujuan. Untuk mengusahakan integrasi antara tujuan perusahaan dan tujuan karyawan, perlu diketahui apa yang menjadi kebutuhan masing-masing pihak. Kebutuhan karyawan diusahakan dapat terpenuhi melalui pekerjaannya. Apabila seorang karyawan sudah terpenuhi segala kebutuhannya maka dia akan mencapai kepuasan kerja dan memiliki komitmen terhadap perusahaan. Tingginya komitmen karyawan dapat mempengaruhi usaha suatu perusahaan secara positif. Komitmen karyawan ini diperlukan oleh perusahaan dan merupakan faktor penting bagi perusahaan dalam rangka mempertahankan kinerja perusahaan. Apalagi dalam era persaingan bisnis yang makin ketat di sektor telekomunikasi dan teknologi informasi seperti dewasa ini.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemilikan saham perusahaan bagi karyawan terhadap komitmen organisasi di PT TelkomTbk Kantor Divre V Bidang Performansi dan Sumber Daya Manusia.

Oleh:
WININATIN KHAMIMAH
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

PENGEMBANGAN MODEL PEMBINAAN ANAK JALANAN MELALUI RUMAH SINGGAH DI JAWA TIMUR
Keberadaan anak jalanan semakin marak semenjak krisis moneter berlangsung pada tahun 1997, ditambah dengan terungkapnya kasus KKN. Hal ini berdampak pada tingginya nilai jual kebutuhan pokok, banyak orang di PHK, masalah pengangguran tak terelakkan, karena kondisi ekonomi tidak stabil-tidak diragukan lagi bermunculan kasus perceraian, dan sebagainya. Kondisi ini semakin terpuruk dengan terjadinya bencana alam dan kasus pengungsi akibat perang antar suku. Semuanya berakibat buruk pada nasib anak. Banyak anak yatim, yatim piatu, keterlantaran, kekerasan, eksploitasi anak di bidang ekonomi dan bahkan pelecehan seksual terhadap anak perempuan, sodomi dan masih banyak perlakuan salah lainnya yang menimpa pada anak-anak. Kondisi ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tidak hanya mengalami masalah krisis ekonomi saja akan tetapi lebih buruk lagi mengalami masalah krisis moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembinaan anak jalanan yang diterapkan selama ini melalui rumah singgah dan untuk mengetahui model pembinaan yang tepat sesuai kebutuhan dan harapan anak jalanan serta pengembangannya.

Oleh:
DWI ASTUTIK, S.Ag
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005

ANALISIS TERHADAP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN (Studi Terhadap Kepemimpinan Perempuan di Kabupaten Tuban Jawa Timur)
Kepemimpinan perempuan menjadi isu publik yang selalu diperbincangkan, dan telah memancing polemik dan debat antara yang pro dan kontra terhadap pemimpin perempuan dalam sebuah negara, kendatipun pengakuan atas hak dasar kemanusiaan tampak mengalami peningkatan yang signifikan diberbagai belahan dunia. Pengakuan ini juga berlaku atas hak perempuan sebagaimana yang sejajar dengan laki-laki.
Doktrin Agama seringkali dijadikan untuk membenarkan tindakan tidak adil dan bahkan tindakan kekerasan terhadap kaum perempuan. Doktrin Agama dianggap sebagai sesuatu yang baku dan tidak bisa ditafsirkan, sehingga posisi marginal perempuan dalam Agama dianggap takdir yang tidak dapat diubah. Selain Agama, budaya juga mempengaruhi terbentuknya struktur dan sosial politik yang timpang di masyarakat, sehingga perempuan yang pada posisi lemah hanya bisa bertahan dalam budaya patriarkhi.

Oleh:
Abdullah Faiq
Program Pasca Sarjana
Universitas Airlangga Surabaya

PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN DINAS DI LINGKUP PERTANIAN KABUPATEN SAMPANG
Penilaian kinerja merupakan kegiatan mengukur/menilai untuk menetapkan seorang pegawai/karyawan sukses atau gagal dalam melaksanakan pekerjaannya dengan menggunakan standar pekerjaan sebagai tolok ukurnya. Penilaian kinerja di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS) dikenal dengan sebutan penilaian pelaksanaan pekerjaan. Penilaian kinerja tersebut dilaksanakan menggunakan daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3), dengan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya, meliputi : kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinan.

Oleh:
ABD. WAHID CHAIRULLAH
PROGRAM STUDI PSDM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA
2004

ANALISIS HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN FAKTOR KETURUNAN DAN GAJI YANG DITERIMA OLEH TENAGA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN LUMAJANG
Dengan adanya globalisasi, di mana perdagangan bebas tidak bisa terbendung lagi, sehingga tingkat kompetisi semakin tinggi di semua sektor , termasuk sektor kesehatan. Kondisi kesehatan global yang terjadi sangat dinamis dan menuntut kelenturan serta penyesuaian secara terus menerus dan menyeluruh. Dari hasil pengamatan peneliti dan informasi dari media massa, banyak keluhan dari tenaga perawat yang bekerja di rumah sakit pemerintah dengan status Non Pegawai Negeri Sipil digaji dibawah Upah Minimum Regional. Penelitian ini perlu dilakukan karena profesi keperawatan memberikan pelayanan kepada manusia yang membutuhkan pertolongan. Kalau perawatnya sendiri tidak sehat atau bermasalah, bagaimana dia bisa memberikan pertolongan / pelayanan kepada orang lain / pasien ?

Oleh :
Loetfia Dwi Rahariyani
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 

PENGARUH PENGGUNAAN PERALATAN KIT IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN PURWOREJO KOTA PASURUAN JAWA TIMUR
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan:
1. Mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pada prestasi belajar IPA siswa SD yang diajar dengan Kit IPA dengan prestasi belajar IPA siswa SD yang diajar tanpa Kit IPA;
2. Mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pada prestasi belajar IPA siswa SD dengan motivasi belajar tinggi yang diajar dengan Kit IPA dengan prestasi belajar IPA siswa SD yang diajar tanpa Kit IPA;
3. Mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pada prestasi belajar IPA siswa SD dengan motivasi belajar rendah yang diajar dengan Kit IPA dengan prestasi belajar IPA siswa SD yang diajar tanpa Kit IPA.
Penelitian menggunakan jenis penelitian experimental, dengan teknik acak sederhana. Subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar negeri kelas VI di Kecamatan Purworejo Pasuruan. Sampel adalah siswa kelas VI SD Tembokrejo 1 dan 2. Variabel bebas yang digunakan adalah pembelajaran IPA dengan KIT dan pembelajaran tanpa KIT IPA. Variabel dependen adalah prestasi belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji t.

Oleh :
Dra. NANIK TISNOHERAWATI
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
2004

PENGARUH PROGRAM BUSINESS DEVELOPMENT SERVICES (BDS) TERHADAP KINERJA PENGELOLA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI JAWA TIMUR
Dalam upaya minimalisasi kelemahan-kelemahan UKMK, Departemen Koperasi Dan UKM, melakukan pembinaan terhadap UKMK diantaranya dengan Program Business Development Services (BDS). Program ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kinerja UKM. Program Business Development Services (BDS) merupakan jasa layanan pengembangan usaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan, akses pasar dan kemampuan bersaing, yang bersifat non finansial, bersifat dinamis dengan cakupan yang luas serta fokus pada kebutuhan UKMK.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Program Business Development Services (BDS) terhadap Kinerja Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur dan untuk mengukur serta membuktikan faktor-faktor Program Business Development Services (BDS) yang dominan pengaruhnya terhadap Kinerja Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur.

Oleh:
IMRON ROSYADI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005

PENGENDALIAN HAMA BELALANG KEMBARA (Locusta migratoria) DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK DI KALIMANTAN BARAT
Belalang kembara dalam kehidupannya berjalan, berpindah dan berputar dengan menggunakan kaki serta terbang dengan menggetarkan sayap. Belalang kembara memiliki alat indra mata, telinga dan kumis yang digunakan sebagai antena. Alat indra tersebut berfungsi untuk mengatur sistem perpindahan, informasi serta komunikasi antara belalang kembara jantan dan betina dalam perkembangbiakannya. Berdasarkan pengamatan dan literatur komunikasi sesama belalang kembara ini berada pada rentang frekuensi puluhan kilo hertz dan merupakan jenis gelombang ultrasonik.
Gelombang ultrasonik (Ultrasonic waves) merupakan gelombang mekanik longitudinal dengan frekuensi di atas 20 kHz yaitu daerah batas pendengaran manusia. Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat, cair dan gas. Hal ini disebabkan karena gelombang ultrasonik merupakan rambatan energi dan momentum mekanik, rambatan energi ini berinteraksi tergantung pada molekul dan sifat inersia medium yang dilaluinya.

Oleh:
STEPANUS SAHALA SITOMPUL
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005

PERAN DANA KUKESRA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA KELOMPOK UPPKS DI DESA TAWANGSARI KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI
Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 10. Uji yang digunakan adalah uji t dan F, R² (koefisien determinasi) serta uji asumsi klasik. Pemanfaatan dana Kukesra sebagian besar adalah untuk usaha ekonomi produktif dan hanya sebagian kecil saja yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi. Dana Kukesra, modal sendiri, pengalaman usaha dan tenaga kerja berpengaruh signifikan dan positip terhadap pendapatan usaha.

Oleh:
NING HANDAYANI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2004

Analisis Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi Terhadap Peingembangan Karir Pegawai (Studi Kasus pada Kanwil VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai)
Penelitian ini dimaksud untuk menguji pengaruh karakteristik individu yang meliputi : keahlian, pendidikan, pengalaman kerja dan karakteristik organisasi yang meliputi : sumber daya, iklim dan struktur sebagai variabel bebas terhadap pengembangan karir pegawai sebagai variabel tidak bebas atau terikat. Kuisioner yang digunakan untuk menguji berdasarkan kajian teoritis. Pertanyaan dalam kuisinoer tersebut telah teruji validitasnya. Responden penelitian ini adalah seluruh pegawai Kanwil VII DJBC Surabaya yang berjumlah l86. Kuisioner yang disebar kepada responden sebanyak 93. Dan semua kuisioner dikembalikan serta diisi dengan benar sehingga layak untuk diolah.

Oleh:
Siti Mahmodha Almalifah
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2004
 

ANALISIS PERMINTAAN ANAK PADA WANITA PASANGAN USIA MUDA DI KOTA MAKASSAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi nilai anak dan kecenderungan permintaan anak pada wanita terutama wanita dari pasangan usia muda. Berdasarkan Tabel Krejcie, sampel yang terpilih secara accidental sampling sebanyak 382 orang wanita pasangan usia muda yang tinggal di Kota Makassar. Hasilnya menunjukkan ada perbedaan persepsi nilai anak menurut kondisi pemukiman, status migrasi dan kematian bayi/balita.

Oleh:
RAHMAWATI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
2003
 

KAJIAN TUMBUH KEMBANG KARKAS DAN KOMPONENNYA SERTA PENAMPILAN DOMBA SUNGEI PUTIH DAN LOKAL SUMATERA YANG MENGGUNAKAN PAKAN LIMBAH KELAPA SAWIT
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tumbuh-kembang karkas dan komponennya, serta potongan komersial karkas, penampilan domba, komposisi kimia dan kadar kolesterol otot Longissimi thoracis et lumborum pada domba Sungei Putih dan Lokal Sumatera yang diberi dua macam pakan pada bobot potong yang berbeda.

Oleh:
H A S N U D I
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2004
 

IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUBAH MISKONSEPSI DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model belajar konstruktivis terhadap miskonsepsi siswa ditinjau dari penalaran formal siswa.
Penelitian eksperimen ini dilakukan di SLTP Negeri 4 Busungbiu pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2002/2003, dengan rancangan pra-tes post-tes kelompok kontrol tanpa diacak dan faktorial 2x2.

Oleh:
I PUTU EKA WILANTARA
IKIP SINGARAJA PROGRAM PASCASARJANA
AGUSTUS 2003
 

OPTIMASI UPAYA PENANGKAPAN UDANG DI PERAIRAN DELTA MAHAKAM DAN SEKITARNYA
Penelitian ini mengkaji optimasi upaya penangkapan udang di perairan Delta Mahakam dan sekitarnya. Data terdiri atas posisi towing, total upaya penangkapan per bulan, total armada trawl di setiap basis, peta kedalaman, produksi harian, ukuran utama kapal dan alat tangkap trawl, nilai investasi, biaya tetap dan tidak tetap operasi serta harga udang, yang dikumpulkan dari 21 basis armada trawl.

Oleh:
JULIANI
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2005
 

“ANALISIS KOMPARASI TEKNOLOGI BUBU DASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN DI KLUNGKUNG BALI”
Penelitian dilaksanakan di Klungkung, pulau Bali untuk membandingkan secara teknis dan ekonomi dari bubu tradisional (perangkap yang dibuat bambu) dan besi. Perangkap bubu bambu secara kebiasaan digunakan oleh nelayan lokal sedangkan perangkap bubu besi dirancang dan diperkenalkan untuk menggantikan bubu bambu sebagai alat tangkap.

Oleh:
R THOMAS MAHULETTE
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2004
 

KAJIAN PERTUMBUHAN DAN DISTRIBUSI DAGING SERTA ESTIMASI PRODUKTIVITAS KARKAS SAPI HASIL PENGGEMUKAN
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan dan distribusi daging pada komponen karkas dan potongan komersial karkas, produktivitas karkas sapi dan estimasi produktivitas karkas sapi Australian Commercial Cross (ACC) dan Brahman Cross (BX) berdasarkan kategori jenis kelamin cow, heifer dan steer (sex class) dengan konformasi butt shape yang berbeda. Jumlah sapi yang digunakan sebanyak 165 ekor dengan kisaran bobot potong 330 - 500 kg, berasal dari penggemukan feedlot.

Oleh:
HARAPIN HAFID H
SEKOLAH PASCASARJANA IPB 2005
 

RESPONS RUMINAN TERHADAP PEMBERIAN HIJAUAN PAKAN YANG DIPUPUK AIR BELERANG
Penelitian ini bertujuan memanfaatkan unsur hara (S) yang ada dalam air belerang agar dapat digunakan oleh hijauan pakan, yang kemudian diberikan ke ternak ruminan.

Oleh:
CHARLES LODEWIJK KAUNANG
DISERTASI PROGRAM STUDI ILMU TERNAK
SEKOLAH PASCASARJANA IPB 2004
 

MODEL EKONOMI SUMBERDAYA PERIKANAN TANGKAP YANG BERKELANJUTAN DI PERAIRAN KABUPATEN MOROWALI
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mempelajari karakteristik pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap, (2) mengestimasi potensi sumberdaya perikanan tangkap, (3) menentukan besarnya pemanfaatan dan pencapaian tujuan pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap yang optimal, dan (4) menganalisis dampak kebijakan perikanan terhadap kesejahteraan masyarakat dan kelestarian sumberdaya perikanan tangkap di Kabupaten Morowali. Tujuan penelitian (1) dianalisis dengan metode tabulasi, tujuan (2) dianalisis dengan metode Surplus Produksi menggunakan data time series (1990-2000), sedangkan tujuan (3) dan (4) dianalisis dengan metode Linear Goal Programming menggunakan kombinasi hasil tujuan (2) dan data primer (cross section) hasil survei.

Oleh:
ALIMUDIN LAAPO
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2004
 

KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA, POLA PENGASUHAN, KONSUMSI ZAT GIZI
Anak baduta merupakan anggota rumah tangga yang memerlukan perhatian khusus dari orang tuanya atau orang yang dekat dengannya dan sangat bergantung baik secara fisik maupun emosi sehingga memerlukan pertolongan dalam berbagai kegiatan. Namun yang terpenting bahwa pertumbuhan otak seorang anak sangat ditentukan pada masa awal (baduta). Apabila anak pada usia tersebut mengalami kurang gizi maka dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan otak yang mempengaruhi kualitas dan tingkat kecerdasannya. Faktor lain yang berkaitan dengan pertumbuhan anak baduta adalah penyakit infeksi.

Oleh:
ST. WAHIDAH
Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2004
 

PENGARUH PENDAMPINGAN TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pengaruh pendampingan tutor terhadap motivasi belajar warga belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taman Belajar Kecamatan kenjeran Surabaya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 100 orang warga belajar dengan menggunakan teknik sampling random proporsional. Komposisi sampel tersebut terdiri atas 15 warga belajar Kejar Paket A, 35 warga belajar Kejar Paket B, dan 50 warga belajar Kejar Paket C. Pengukuran data didasarkan pada penilaian yang dilakukan responden melalui kuesioner dengan menggunakan modifikasi Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan taraf siginifikansi alpha sebesar 0,05.

Oleh:
Moh. Muzaqi. S.PD
N.I.M: 090114484M
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2004
 

PENGARUH MEDIA CETAK BROSUR DALAM PROSES ADOPSI DAN DIFUSI INOVASI BETERNAK AYAM
Penelitian pengaruh media cetak brosur dalam proses adopsi dan difusi inovasi beternak ayam broiler, bertujuan mengetahui: pengaruh faktor internak peternak (pengetahuan, motivasi kerja dan sikap peternak), besarnya tingkat adopsi inovasi beternak ayam broiler, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan hubungan antara tingkat adopsi dan difusi inovasi beternak ayam broiler.

Oleh:
Syarifuddin
Program Studi Ilmu Pertanian
Jurusan Ilmu-Ilmu Pertanian
Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta
2003
 

PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU PADA DISTRIBUTOR MLM
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Wirausaha Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Distributor Multilevel Marketing “X” di Malang. Wirausaha dalam hal ini adalah semangat yang ada pada distributor MLM yang meliputi Kreatif, Inovatif, dan Berani. Karir dalam dalam hal ini adalah urutan aktifitas yang berkaitan dengan pekerjaan dan perilaku- perilaku, nilai-nilai, dan aspirasi seseorang selama rentang hidup orang tersebut. Sedangkan Pengembangan karir adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan jenjang atau status seseoarng dalam pekerjaanya.

Oleh:
Mochamad Isa Anshori
Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Minat Studi Industri dan Bisnis
Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2003
 

PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (JIGSAW)
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMU/MA yang bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan (2) Mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi melalui penerapan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap Pengembangan Perangkat, dan (2) Tahap Pembelajaran Nyata. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Materi Ajar, Rencana Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Tes Hasil Belajar.

Oleh:
Yusuf
Program Studi Pendidikan Sains
Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya
2003
 

ANALISIS POLA KONSUMSI KELUARGA DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi sosial ekonomi keluarga (pendapatan, pendidikan, jenis pekerjaan dan ukuran keluarga) terhadap pola konsumsi. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo Kota Makassar dengan jumlah populasi sebanyak 1.652 keluarga, berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus 2003. Sampel yang diamati sebanyak 10 % dari jumlah populasi yaitu 170 keluarga, diambil dengan teknik acak berstratifikasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial dan deskriptif kualitatif.

Oleh:
Akmal
Pasca Sarjana Universitas Hasanudin Makasar
 

ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KOMPETENSI PADA SISWA SLTP
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan Standar Kompetensi Minimal (SKM) yang terdiri dari Kompetensi Standar dan Kompetensi Dasar yang memungkinkan pebelajar dapat mengapresiasi dan menghormati pluralisme budaya (cultural diversity). Bentuk akhir dari hasil penelitian ini adalah sebuah kisi-kisi silabus tentang pendidikan multikultural yang sesuai dengan kebutuhan akademik dan sosio-kultural siswa.

Oleh:
ERNIE ISIS AISYAH AMINI
Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja
Program Pasca Sarjana
Januari 2004
 

ANALISIS TIPE STRATEGI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KAWASAN SARBAGITA, BALI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelompokkan tipe strategi industri kecil dan menengah dan untuk mengetahui karakteristik masing-masing kelompok serta perbedaan kesuksesan usaha antar kelompok tipe strategi yang terbentuk.
Penelitian ini dilaksanakan pada industri kecil dan menengah di Kawasan Sarbagita, Bali dengan menggunakan metode purposive sampling dan proportional sampling dengan jumlah sampel sebesar 99 responden. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik kuesioner, observasi dan interview.

Oleh:
I PUTU SUGI DARMAWAN
Studi Managemen Minat Strategik
Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang,
18 Agustus 2004
 

“DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERHADAP AKSESIBILITAS MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH KESEMPATAN PEMERATAAN PENDIDIKAN TINGGI”
Sumber Daya Manusia ( SDM ) Indonesia kini berada di posisi dibawah Negara Vietnam, nota bene dimana Vietnam adalah negara yang baru saja merdeka. Indikasi pemicu dari keterpurukan ini disebabkan oleh banyak factor, akan tetapi yang paling bertanggung jawab adalah bidang pendidikan, Perguruan Tinggi ( PT ). Sebab itu focus dari pada penelitian ini adalah masalah Evaluasi Kebijakan pendidikan, utamanya Kebijakan Biaya Masuk di Universitas, dengan studi perbandingan di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Oleh:
Eko Ilham
PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
KEKHUSUSAN KEBIJAKAN PUBLIK
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2004
 

MENGEMBANGKAN MANUSIA PARIWISATA DENGAN METODE ANALISIS SITUASIONAL SEBAGAI MODEL KOMPETENSI SDM DI DISPARINKOM KABUPATEN GRESIK
Penelitian yang berjudul “Mengembangkan Manusia Pariwisata Dengan Metode Analisis Situasional Sebagai Model Kompetensi SDM Di DISPARINKOM Kabupaten Gresik” ini mengajukan beberapa masalah yaitu; (a) situasi lingkungan bagaimana sajakah yang menentukan pengembangan model kompetensi SDM di DISPARINKOM Gresik, (b) situasi organisasi bagaimana sajakah yang menentukan pengembangan model kompetensi SDM di DISPARINKOM Gresik, dan (c) bagaimana model kompetensi SDM yang dibangun oleh DISPARINKOM Gresik.

Oleh:
DIDIK WAHONO
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 

PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERADAAN SITU (STUDI KASUS KOTA DEPOK)
Tujuan penelitian ini adalah (1) mempelajari perubahan luas situ dan kondisi situ (2) mempelajari dinamika perubahan penggunaan lahan di sekitar kawasan situ, (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan situ dan (4) mempelajari pemahaman dan pemanfaatan situ oleh masyarakat. Metode yang dipakai adalah analisis data spasial dengan bantuan Sistem Informasi Geografis (SIG), analisis Korelasi Pearson, regresi berganda dan khi kuadrat.

Oleh:
ROSNILA
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2 0 0 4
 

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. ELANG EXPRESS SURABAYA
Penelitian dengan rancangan cross sectional analysis ini bertujuan untuk menguji hubungan kemampuan berbahasa Inggris dengan kinerja, dengan menguji 3 hipotesis penelitian ini yaitu 1) ada hubungan bermakna antara pengetahuan berbahasa Inggris dengan sikap berbahasa Inggris, 2) ada hubungan bermakna antara sikap berbahasa Inggris dengan perilaku berbahasa Inggris, dan ada hubungan bermakna antara perilaku berbahasa Inggris dengan kinerja. Dengan metode total populasi, sampel sejumlah 47 orang diambil pada perusahaan ekspedisi PT. Elang Express dengan menggunakan kuisioner pengetahuan berbahasa Inggris, skala sikap dan perilaku, skala kinerja karyawan serta wawancara.

Oleh:
NURLAILA
MINAT STUDI INDUSTRI BISNIS
PROGRAM STUDI PSDM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003
 

MODEL PENGEMBANGAN POLA KARIR PEGAWAI DI PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR
Salah satu strategi pengelolaan SDM di perusahaan yang mampu meningkatkan semangat dan gairah kerja seseorang adalah pola karir. Sistem pengembangan pola karir yang tepat mampu memberikan arah bagi karyawan untuk pengembangan dirinya. Sistem pengembangan pola karir yang tepat mampu mempercepat pencapaian tujuan organisasi. Sebagai perusahaan telekomunikasi yang sangat besar, PT. Telkom telah menyadarinya dengan baik sehingga dibuatlah sistem pengembangan pola karir bagi pegawai PT. Telkom yang tertuang pada Surat Keputusan Direksi PT. Telkom No. KD.21 /PS 180/SDM/12/98 tanggal 11 September 1998 tentang pola karir pegawai. Namun dalam perkembangan 5 (lima) tahun berjalan tersebut penerapan sistem pola karir pegawai ini justru terjadi percepatan kenaikan jenjang karir bagi pegawai yang beprestasi. Akibat dari percepatan jenjang karir ini terjadi penumpukan (penggelembungan) pada level tengah (middle management). Pada sisi yang lain, secara esensial PT. Telkom digerakkan menuju hirarki piramid. Penggelembungan level tengah ini mengakibatkan struktur organisasi PT. Telkom tidak sesuai dengan hirarki piramid, sehingga dikhawatirkan dalam beberapa tahun ke depan visi, misi dan tujuan organisasi tidak tercapai.

Oleh:
TITIK EKO PRASETYANINGTYAS
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003

ANALISIS TEKNOLOGI PENGOLAHAN SAMPAH DENGAN PROSES HIRARKI ANALITIK DAN METODA VALUASI KONTINGENSI (Studi Kasus Di Jakarta Timur)

This study integrate Analytic Hierarchy Process (AHP) and Contingent Valuation Method (CVM) as a logical framework to accommodate all stakeholders’s outlook in term of analyzing municipal solid waste processing technology in East Jakarta. The AHP was used to decided what exactly suitable technology for municipal solid waste processing, while the CVM considered most society point of view on refuse tax, that indicated a willingness to pay for environment cleanness improvement.

Oleh:
INDRA PERMANA AMURWARAHARJA
ILMU PENGELOLAAN SUMBERDAYA ALAM DAN LINGKUNGAN
PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2003

ANALISIS SOSIAL-EKONOMI RUMAHTANGGA INDUSTRI PRODUK JADI ROTAN DI KOTA PEKANBARU

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi alokasi waktu kerja, pendapatan dan pengeluaran rumahtangga serta menganalisis dampak perubahan kebijakan ekonomi yang berkenaan dengan pengembangan industri produk jadi rotan terhadap pengambilan keputusan ekonomi rumahtangga.

Oleh:
ELINUR
ILMU EKONOMI PERTANIAN
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2004

PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KABUPATEN GRESIK

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pelatihan bimbingan ibadah haji yang sesuai di Kabupaten Gresik, dengan tujuan khusus menganalisis permasalahan dan harapan calon jamaah haji dan jama’ah haji serta menggali keinginan calon jama’ah haji dan jama’ah haji tentang pelatihan bimbingan ibadah haji yang terkait dengan peserta, materi, metode, pelatih dan lama latihan yang sesuai.

Oleh:
FARIDA ARIANI
ILMU PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP GURU TERHADAP PEKERJAAN DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN PANDEGLANG

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru, (2) sikap guru terhadap pekerjaan dengan kompetensi profesional guru, dan (3) kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru terhadap pekerjaan dengan kompetensi profesional guru.

Oleh:
Sugeng
Magister Pendidikan
Program Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Jakarta

ANALISIS JALUR HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KECERDASAN, STRATEGI-STRATEGI METAKOGNITIF, DAN PENGETAHUAN AWAL

Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah tentang apakah ada hubungan langsung antara kecerdasan dengan pengetahuan awal? Apakah ada hubungan langsung antara kecerdasan dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan pengetahuan awal? Apakah ada hubungan langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan langsung antara pengetahuan awal dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan tidak langsung antara kecerdasan dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui pengetahuan awal? Apakah ada hubungan tidak langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui pengetahuan awal?

Oleh:
MUISMAN

Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN NEGERI SINGARAJA
PROGRAM PASCASARJANA
NOVEMBER 2003

Pengaruh Locus of Control, Orientasi Tujuan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja Terhadap Self Efficacy dan Transfer Pelatihan Karyawan PT. Telkom Kandatel Surabaya Timur

Penelitian dilakukan pada karyawan PT. Telkom Kandatel Surabaya Timur, yang pernah mengikuti pelatihan pada tahun 2002, dengan responden sejumlah 104 karyawan. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Adapun analisis dilakukan dengan menggunakan Structural liquation Modelling dengan model yang lengkap (simultan), yaitu untuk menguji kausalitas melalui uji data empirik.

Oleh:
KUSTINI

Studi Ilmu Pengembangan Sumber Daya Manusia
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2004

Analisis Kebijakan Pengembangan Marikultur di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Propinsi DKI Jakarta

Penelitian ini bertujuan antara lain: (1) menganalisis skenario pemanfaatan yang optimal dalam pengembangan marikultur di kawasan Kepulauan Seribu, (2) mengetahui factor-faktor penyebab terjadinya konflik pemanfaatan ruang dan konflik kewenangan, (3) mengetahui fungsi dan kewenangan dari setiap lembaga pemerintah yang terlibat dalam pengelolaan sumberdaya di Kawasan Kepulauan Seribu berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang ada, dan (4) merumuskan alternatif kebijakan pengembangan marikultur yang terpadu dan berkelanjutan.
Sedangkan manfaat Penelitian diharapkan dapat memberikan masukan dan informasi bagi para perencana dan pengambil keputusan khususnya lembaga/instansi pemerintah yang terlibat dalam penentuan kebijakan pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan terutama kebijakan dalam pengembangan marikultur di wilayah Kepulauan Seribu.

Oleh:
ARIADI NOOR
Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan
PROGRAM PASCA SARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2003
 

PENGEMBANGAN MODEL REMUNERASI BERBASIS KOMPETENSI DI PT. PAL INDONESIA

Peneltian jni dilakukan, pertama, untuk mempelajari model berdasarkan teori. Kedua, untuk menyusun model remunerasi berdasarkan kebijakan perusahaan. Ketiga, untuk menyusun pengembargan model remunerasi berbasis kompetensi berdasar kondisi pcrusahaan dan aspirasi karyawan dimana berisikan struktur lengkap klasifikasi penggajian karyawan Keempat, untuk mengetahui bagaimana peluang dalam implementasi pengembangan model remunerasi berbasis kompetensi tersebut bagi PT. PAL Indonesia.

Oleh:
EKO ESTHY WATI
Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pada Program Pascasarjana Universitas Airlangga
2003

POTENSI DAN DAYA DUKUNG LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PAKAN SAPI POTONG DI KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN
 

Potensi limbah pertanian sebagai pakan sapi potong di Kabupaten Soppeng cukup tinggi, dimana produksi segarnya 356.309 ton, produksi kering udara 231.930 ton, produksi BK 205.074 ton, produksi PK 12.157 dan produksi TDN 92.283 ton. Produksi tertinggi dari jerami padi, dan ketersediaannya tergolong dalam kategori sangat aman sebagai pakan sapi potong. Limbah pertanian berdasarkan produksi segarnya dapat menampung/mendukung 139.456 ST, berdasarkan kering udara 127.085 ST, berdasrkan BK 89.896 ST, berdasarkan PK 50.467 ST dan berdasarkan TDN 58.798 ST. Sehingga berdasarkan daya dukung/daya tampungnya, populasi sapi potong di Kabupaten Soppeng masih dapat ditingkatkan / ditambah masing-masing berdasarkan produksi segar 129.515 ST, kering udara 117.144 ST, BK 79.954 ST, PK 40.526 ST dan TDN 48.857 ST.
Strategi untuk mengembangkan limbah pertanian sebagai pakan sapi potong di Kabupaten Soppeng adalah mendukung strategi konservasi berdasarkan hasil analisis SWOT, yaitu meningkatkan kualitas limbah pertanian sebelum dikonsumsi oleh ternak, tidak membakar jerami sehabis panen, perlu ada tempat penampungan khusus limbah pertanian

Oleh:
H A E R U D D I N

Program Studi Ilmu Ternak
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2004

ANALISIS TIPOLOGI DAN PENGEMBANGAN DESA-DESA PESISIR KOTA BANDAR LAMPUNG

Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota/kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki wilayah pesisir, dengan panjang garis pantai 27,01 km dan luas desa pesisir 56,57 km2. Selain merupakan ibukota provinsi, Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan tersibuk di provinsi ini. Kawasan pesisir Kota Bandar Lampung merupakan kawasan yang paling mendapat tekanan di Provinsi Lampung akibat tingginya intensitas pemanfaatan sumberdaya di kawasan ini. Berkembangnya kawasan ini menjadi sentra industri, pemukiman, perhubungan, pariwisata, dan perikanan menjadikan kawasan ini salah satu kawasan yang paling terancam secara ekologis dan rawan terhadap berbagai konflik sosial ekonomi.

Oleh:

Evi Rahmalia
Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan
PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2003
 

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PT. CHEIL JEDANG INDONESIA DI JOMBANG JAWA TIMUR
 

Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauhmana kompetensi komunikasi, kompetensi kerjasama kelompok, kompetensi pengambilan keputusan secara analisis terhadap kinerja karyawan PT. Cheil Jedang Indonesia. Analisis penelitian dengan regresi linier berganda, dengan variabel bebas kompetensi dan variabel terikat kinerja. Variabel bebas terdiri dari : kompetensi komunikasi, kompetensi kerjasama kelompok, kompetensi kepemimpinan dan kompetensi pengambilan keputusan secara analisis. Populasi penelitian ini seluruh karyawan yang berjumlah 60 orang.

Oleh:
Rosidah
Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003
 

POLA HUBUNGAN HUKUM PADA PROGRAM KEMITRAAN USAHATANI TEMBAKAU DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT
 

Usaha tani sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia harus didukung dan didorong kemampuannya agar tetap eksis, sehingga dapat memperluas kesempatan usaha dan memperluas lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja yang terus bertambah jumlahnya serta untuk meningkatkan penghasilan petani dan masyarakat secara lebih merata.

Oleh:
Ari Rahmat Hakim
Program Pascasarjana Universitas Diponegoro
Semarang
2004

PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS EXTERNAL DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris dan menemukan kejelasan tentang fenomena pengaruh lingkungan bisnis eksternal dan perencanaan strategik terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta..
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu akuntansi manajemen, sistem pengendalian manajemen dan manajemen strategik. Bagi perusahaan dan praktisi penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penyusunan rencana strategik dengan meperhitungkan perubahan lingkungan bisnis eksternal yang semakin tidak pasti itu serta menilai kinerja dengan perspektif yang lain dari pada keuangan.

Oleh:
Yurniwati
Studi Ilmu Pertanian
Program Pasca Sarjana
Universitas Padjadjaran Bandung
 

POTENSI DAN DAYA DUKUNG LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PAKAN SAPI POTONG DI KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN
Potensi limbah pertanian sebagai pakan sapi potong di Kabupaten Soppeng cukup tinggi, dimana produksi segarnya 356.309 ton, produksi kering udara 231.930 ton, produksi BK 205.074 ton, produksi PK 12.157 dan produksi TDN 92.283 ton. Produksi tertinggi dari jerami padi, dan ketersediaannya tergolong dalam kategori sangat aman sebagai pakan sapi potong. Limbah pertanian berdasarkan produksi segarnya dapat menampung/mendukung 139.456 ST, berdasarkan kering udara 127.085 ST, berdasrkan BK 89.896 ST, berdasarkan PK 50.467 ST dan berdasarkan TDN 58.798 ST. Sehingga berdasarkan daya dukung/daya tampungnya, populasi sapi potong di Kabupaten Soppeng masih dapat ditingkatkan / ditambah masing-masing berdasarkan produksi segar 129.515 ST, kering udara 117.144 ST, BK 79.954 ST, PK 40.526 ST dan TDN 48.857 ST.
Strategi untuk mengembangkan limbah pertanian sebagai pakan sapi potong di Kabupaten Soppeng adalah mendukung strategi konservasi berdasarkan hasil analisis SWOT, yaitu meningkatkan kualitas limbah pertanian sebelum dikonsumsi oleh ternak, tidak membakar jerami sehabis panen, perlu ada tempat penampungan khusus limbah pertanian

Oleh:
H A E R U D D I N

Program Studi Ilmu Ternak
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2004

ANALISIS TIPOLOGI DAN PENGEMBANGAN DESA-DESA PESISIR KOTA BANDAR LAMPUNG
PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PT. CHEIL JEDANG INDONESIA DI JOMBANG JAWA TIMUR

Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota/kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki wilayah pesisir, dengan panjang garis pantai 27,01 km dan luas desa pesisir 56,57 km2. Selain merupakan ibukota provinsi, Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan tersibuk di provinsi ini. Kawasan pesisir Kota Bandar Lampung merupakan kawasan yang paling mendapat tekanan di Provinsi Lampung akibat tingginya intensitas pemanfaatan sumberdaya di kawasan ini. Berkembangnya kawasan ini menjadi sentra industri, pemukiman, perhubungan, pariwisata, dan perikanan menjadikan kawasan ini salah satu kawasan yang paling terancam secara ekologis dan rawan terhadap berbagai konflik sosial ekonomi.

Oleh:

Evi Rahmalia
Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan
PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2003
 

PEMANFAATAN DANA INPRES DESA TERTINGGAL PASCA PROGRAM STUDI DI DESA KOPEN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis usaha, besar dana yang diterima dan partisipasi anggota terhadap keberlanjutan pemanfaatan dana IDT, yang diharapkan sebagai bahan informasi bagi pihak yang berkepentingan dalam membuat kebijaksanaan untuk memilih strategi pelaksanaan program sejenis.
Analisa data menggunakan program komputer SPSS versi 10, Uji yang dilakukan adalah Uji validitas dan reliabilitas, Uji t, Uji F, dan Koefesien Determinasi (R²) serta Uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisiti.
Oleh :

WALUYO JATI
Magister dalam Ilmu Manajemen
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2004

STRATEGI PENGEMBANGAN “DANGKE” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN LOKAL DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja produk industri kecil dangke, faktor-faktor kunci pengembangan serta alternative strategi pengembangan sebagai produk unggulan lokal di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di sentra pengembangan industri kecil dangke di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, selama 7 (tujuh) bulan terhitung bulan Maret-September 2004, menggunakan analisis integrasi Quality Function Deployment dan Analisis Prospektif.

Oleh:
MUH. RIDWAN
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2005

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DIBERI PUPUK ORGANIK DIFERMENTASI, Azospirillum sp., DAN PUPUK NITROGEN DI PANGALENGAN DAN CISARUA
Penelitian dilaksanakan untuk mengkaji respons tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) terhadap pemberian pupuk organik difermentasi (porasi) tanpa atau dengan pemberian inokulan Azospirillum sp. bersama pupuk N serta untuk menentukan dosis optimum porasi dan pupuk N tanpa atau dengan masukan inokulan Azospirillum sp. Percobaan telah dilakukan di dua lokasi, yaitu Pangalengan, Jawa Barat, mulai bulan Mei 2002 sampai bulan September 2002 dan Kebun Percobaan PT. Biofarma, Cisarua, Jawa Barat, mulai bulan Juni 2003 sampai bulan Oktober 2003 berupa percobaan lapangan.

Oleh :
NURMAYULIS
Magister Ilmu Pertanian
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PADJADJARAN
BANDUNG
2005
 

PERTUMBUHAN DAN HASIL RAMI (Boehmeria nivea (L.) Gaud.) YANG DIBERI RAW MIX SEMEN DAN MIKROORGANISME EFEKTIF M-BIO PADA TANAH GAMBUT
Penelitian telah dilakukan untuk mengkaji respons tanaman rami (Boehmeria nivea (L.)Gaud.) klon Pujon 10 dengan masukan raw mix semen dan mikroorganisme efektif M-Bio pada lahan gambut. Pada penelitian itu dilaksanakan percobaan pot di dalam rumah kaca Fakultas Pertanian UNAND dan percobaan lapang di lahan gambut masyarakat Anai-Lubuk Alung, Sumatera Barat, mulai bulan November 2000 sampai Agustus 2002.

Oleh
RENI MAYERNI
Studi Ilmu Pertanian
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PADJADJARAN
BANDUNG
2004

PERSEPSI ANGGOTA TENTANG PERAN PEMIMPIN KELOMPOK PADA MASYARAKAT MISKIN KOTA DI KECAMATAN BOGOR TIMUR, KOTA BOGOR
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal anggota kelompok swadaya masyarakat miskin perkotaan, (2) Mengetahui persepsi anggota tentang peran pemimpin kelompok swadaya masyarakat miskin perkotaan, dan (3) Menjelaskan hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan pesepsi anggota tentang peran pempimpin kelompok pada masyarakat miskin perkotaan. Populasi penelitian ini adalah anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) miskin kota di Kecamatan Bogor Timur yang berada di bawah pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dengan sampel berjumlah 105 orang yang dipilih sesuai kriteria kelompok yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode survey dan untuk mendapatkan data dilakukan wawancara dengan responden dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner). Usaha untuk melihat hubungan antar variabel yang diamati dianalisis dengan menggunakan tehnik korelasi jenjang Spearman dan tehnik korelasi Tau-b Kendall.

Oleh:
SETIA BUDI MH
Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2005
 

PENGARUH PROGRAM BUSINESS DEVELOPMENT SERVICES (BDS) TERHADAP KINERJA PENGELOLA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI JAWA TIMUR
Dalam upaya minimalisasi kelemahan-kelemahan UKMK, Departemen Koperasi Dan UKM, melakukan pembinaan terhadap UKMK diantaranya dengan Program Business Development Services (BDS). Program ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kinerja UKM. Program Business Development Services (BDS) merupakan jasa layanan pengembangan usaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan, akses pasar dan kemampuan bersaing, yang bersifat non finansial, bersifat dinamis dengan cakupan yang luas serta fokus pada kebutuhan UKMK.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Program Business Development Services (BDS) terhadap Kinerja Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur dan untuk mengukur serta membuktikan faktor-faktor Program Business Development Services (BDS) yang dominan pengaruhnya terhadap Kinerja Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur.

Oleh:
IMRON ROSYADI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005

PENGENDALIAN HAMA BELALANG KEMBARA (Locusta migratoria) DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK DI KALIMANTAN BARAT
Belalang kembara dalam kehidupannya berjalan, berpindah dan berputar dengan menggunakan kaki serta terbang dengan menggetarkan sayap. Belalang kembara memiliki alat indra mata, telinga dan kumis yang digunakan sebagai antena. Alat indra tersebut berfungsi untuk mengatur sistem perpindahan, informasi serta komunikasi antara belalang kembara jantan dan betina dalam perkembangbiakannya. Berdasarkan pengamatan dan literatur komunikasi sesama belalang kembara ini berada pada rentang frekuensi puluhan kilo hertz dan merupakan jenis gelombang ultrasonik.
Gelombang ultrasonik (Ultrasonic waves) merupakan gelombang mekanik longitudinal dengan frekuensi di atas 20 kHz yaitu daerah batas pendengaran manusia. Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat, cair dan gas. Hal ini disebabkan karena gelombang ultrasonik merupakan rambatan energi dan momentum mekanik, rambatan energi ini berinteraksi tergantung pada molekul dan sifat inersia medium yang dilaluinya.

Oleh:
STEPANUS SAHALA SITOMPUL
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005

PERAN DANA KUKESRA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA KELOMPOK UPPKS DI DESA TAWANGSARI KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 10. Uji yang digunakan adalah uji t dan F, R² (koefisien determinasi) serta uji asumsi klasik. Pemanfaatan dana Kukesra sebagian besar adalah untuk usaha ekonomi produktif dan hanya sebagian kecil saja yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi. Dana Kukesra, modal sendiri, pengalaman usaha dan tenaga kerja berpengaruh signifikan dan positip terhadap pendapatan usaha.

Oleh:
NING HANDAYANI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2004

Analisis Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi Terhadap Peingembangan Karir Pegawai (Studi Kasus pada Kanwil VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai)
Penelitian ini dimaksud untuk menguji pengaruh karakteristik individu yang meliputi : keahlian, pendidikan, pengalaman kerja dan karakteristik organisasi yang meliputi : sumber daya, iklim dan struktur sebagai variabel bebas terhadap pengembangan karir pegawai sebagai variabel tidak bebas atau terikat. Kuisioner yang digunakan untuk menguji berdasarkan kajian teoritis. Pertanyaan dalam kuisinoer tersebut telah teruji validitasnya. Responden penelitian ini adalah seluruh pegawai Kanwil VII DJBC Surabaya yang berjumlah l86. Kuisioner yang disebar kepada responden sebanyak 93. Dan semua kuisioner dikembalikan serta diisi dengan benar sehingga layak untuk diolah.

Oleh:
Siti Mahmodha Almalifah
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2004
 

PENGEMBANGAN MODEL DATABASE SEBAGAI PENENTUAN INSENTIF BERBASIS PRESTASI KERJA STAF ADMINISTRASI DI LINGKUNGAN REKTORAT ITS
Dalam penelitian ini, meneliti hubungan antara variabel-variabel yang mempengaruhi prestasi kerja yang meliputi variabel presensi, variabel kualitas kerja, variabel kemampuan kerja, dan variabel potensi. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh karyawan kantor rektorat ITS dengan menggunakan sampel total populasi berjumlah 200 orang. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan kuisioner. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel presensi, variabel kualitas kerja, variabel kemampuan kerja dan variabel potensi. Teknik analisis data menggunakan model regresi linier berganda.

Oleh :
ANY WERDHIASTUTIE
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENGEMBANGAN SDM
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004
 
 

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEKERJA SOSIAL PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS SOSIAL PROPINSI JAWA TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pekerja sosial, Apakah ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pekerja sosial dan Apakah motivasi kerja dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pekerja sosial.
Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi kerja dan budaya organisasi secara parsial mempengaruhi kinerja pekerja sosial. Yaitu Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pekerja sosial adalah positif. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresinya sebesar +0,444. berarti semakin besar motivasi kerja pekerja sosial maka kinerjanya akan semakin baik.

Oleh:
DEWI MA’RIFAH
Studi Pengembangan Sumber Daya Alam
Program Pasca Sarjana
Universitas Airlangga Surabaya
 
 

KOMITMEN ORGANISASI POLITIK PADA PARTISIPASI PEREMPUAN DI TINGKAT JAWA TIMUR
Komitmen organisasi merupakan komitmen anggota baik laki maupun perempuan pada suatu organisasi, karena menurut jumlah populasi penduduk perempuan adalah mayoritas, maka untuk mengetahui sejauhmana komitmen organisasi pada partisipasi perempuan dapat di ukur dari seberapa banyak perempuan yang aktif , sejauhmana keterlibatan anggota perempuan pada forum-forum permusyawaratan serta pada posisi apa perempuan dilibatkan dalam suatu organisasi politik.
Meskipun partisipasi perempuan mengalami banyak hambatan, terutama budaya organisasi serta system dan sumberdaya perempuan sendiri, akan tetapi perjuangan untuk mendapatkan kesetaraan dan keadilan gender harus terus diperjuangkan oleh kelompok perempuan yang selama ini termarginalisasikan.

Oleh:
YULIA ISTI’ANAH
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGA
SURABAYA
2004
 
 

BUDAYA KERJA, KEMAMPUAN DAN KOMITMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BIRO KEPEGAWAIAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR
Penelitian ini termasuk penelitian analitik design cross sectional dimana populasinya adalah pegawai negeri sipil di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 156 pegawai dengan lamanya bekerja minimal 2 tahun. Besar sampel ditentukan berdasarkan rumus n yaitu sejumlah 102 pegawai. Oleh karena populasi memiliki karakteristik tertentu maka penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengukuran terhadap variabel-variabel dijabarkan dalam item-item pernyataan yang merujuk pada skala Likert, dengan kisaran skor antara 0 – 4. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas budaya kerja yang terdiri dari budaya kejujuran (X1), budaya ketekunan (X2), budaya kreativitas (X3), budaya kedisiplinan (X4) dan budaya iptek (X5) sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan (Y1) dan komitmen (Y2). Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda (multiple regresi).

Oleh :
WIDYO YUDO PRAYITNO
PROGRAM STUDI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PASCASARJANA UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

FAKTOR - FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA PADA PROGRAM GERDU TASKIN DI KABUPATEN JOMBANG
Penelitian ini berupaya menjawab permasalahan penelitian yakni bagaimanakah pengaruh persepsi penerima program, intervensi perangkat dan kinerja tenaga pendamping masyarakat terhadap pemberdayaan ekonomi keluarga pada Program Gerdu Taskin di Kabupaten Jombang?. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut maka penelitian ini bermaksud menguji variabel bebas dan variabel terikat dengan subyek penelitian yakni keluarga miskin yang menjadi sasaran Program Gerdu Taskin tahun 2003 di Kabupaten Jombang dengan sampel sebesar 201 rumah tangga miskin(RTM). Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan penajaman konsep tentang efektifitas pemberdayaan masyarakat miskin, serta untuk pembuatan kebijakan tentang kemiskinan.

Oleh :
SYAIFUL BAHRI
PROGRAM STUDI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2005
 

PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan berbasis kompetensi yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Sunan Drajat Lamongan sebagai obyek penelitian.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitikBesar sampel adalah 200 orang dari santri dan pendidik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara Accidental sample. Teknik analisis deskriptif dalam hal ini antara lain penyajian data melalui tabel atau grafik. Perhitungan data dengan menggunakan frekuensi dan penggunaan prosentase.

Oleh :
Ahmad Suyuthi
Program Pasca Sarjana
Universitas Airlangga Surabaya
 

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PT. H.M. SAMPOERNA Tbk SURABAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris, variable stres kerja (konflik kerja, beban kerja, waktu kerja, karakteristik tugas, dukungan kelompok dan pengaruh pimpinan) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja motivasi kerja karyawan PT. H.M. SAMPOERNA Tbk Surabaya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam dunia industri tentang stress kerja yang ada hubungannya dengan motivasi kerja dan kinerja karyawan sehingga dapat dilakukan usaha-usaha untuk mengurangi stress kerja pada karyawan.

Oleh:
Ni Nyoman Novitasari Andraeni
Studi Pengembangan Sumber Daya Alam
Program Pasca Sarjana
Universitas Airlangga Surabaya

DAMPAK PROGRAM YAYASAN DAMANDIRI TERHADAP PEMENUHAN PENDIDIKAN ANAK DI KOTA SURABAYA
(Analisis Pada Keluarga Binaan Dengan Skim Pundi Kencana)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian skim pundi kencana dari Yayasan Damandiri terhadap pemenuhan pendidikan anak. Oleh karena program pundi kencana tidak berhubungan langsung dengan pembiayaan pendidikan anak, maka sebelumnya diteliti pengaruh pemberian kredit terhadap kesejahteraan keluarga debitur. Untuk itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pertama bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian skim kredit pundi kencana terhadap tingkat kesejahteraan keluarga debitur, kedua bahwa peningkatan kesejahteraan keluarga debitur berpengaruh terhadap pemenuhan pendidikan anak.

Oleh :
Indah Ahdiah
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
JANUARI 2004
 

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAHAN DESA DI KABUPATEN KATINGAN PROPINSI KALIMANTAN TENGAH

Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, motivasi, pengalaman kerja, sikap loyal dan budaya kerja bersama-sama terhadap kinerja Kepala Desa di Kabupaten Katingan; kedua, untuk mengetahui variabel mana yang dominan berpengaruhnya terhadap kinerja Kepala Desa di Kabupaten Katingan, ketiga untuk mengetahui perbedaan kinerja antara Kepala Desa berpendidikan SLTP ke bawah dengan Kepala Desa berpendidikan di atas SLTP.

Oleh:
SAMSUDIN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA

HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN PERSEPSI REMAJA TERHADAP PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK

Subjek dalam penelitian ini sebanyak 134 orang, diambil dari siswa kelas 2 Madrasah Aliyah kota Jogjakarta dan yang tinggal bersama orangtua. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kontrol diri, skala persepsi remaja terhadap penerapan disiplin otoriter orangtua, skala persepsi remaja terhadap penerapan disiplin demokratis orangtua, skala persepsi remaja terhadap penerapan disiplin permisif orangtua dan skala prokrastinasi akademik.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan komputer program SPSS or Window 11.00

Oleh:
M Nur Ghufron
Program Pasca Sarjana
Universitas Gajah Mada Yogyakarta 2003

STRATEGI PENGEMBANGAN “DANGKE” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN LOKAL DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja produk industri kecil dangke, faktor-faktor kunci pengembangan serta alternative strategi pengembangan sebagai produk unggulan lokal di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di sentra pengembangan industri kecil dangke di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, selama 7 (tujuh) bulan terhitung bulan Maret-September 2004, menggunakan analisis integrasi Quality Function Deployment dan Analisis Prospektif.

Oleh:
MUH. RIDWAN
SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2005
 

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DIBERI PUPUK ORGANIK DIFERMENTASI, Azospirillum sp., DAN PUPUK NITROGEN DI PANGALENGAN DAN CISARUA

Penelitian dilaksanakan untuk mengkaji respons tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) terhadap pemberian pupuk organik difermentasi (porasi) tanpa atau dengan pemberian inokulan Azospirillum sp. bersama pupuk N serta untuk menentukan dosis optimum porasi dan pupuk N tanpa atau dengan masukan inokulan Azospirillum sp. Percobaan telah dilakukan di dua lokasi, yaitu Pangalengan, Jawa Barat, mulai bulan Mei 2002 sampai bulan September 2002 dan Kebun Percobaan PT. Biofarma, Cisarua, Jawa Barat, mulai bulan Juni 2003 sampai bulan Oktober 2003 berupa percobaan lapangan.

Oleh :
NURMAYULIS
Magister Ilmu Pertanian
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PADJADJARAN
BANDUNG
2005